Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Literacy Akuntansi Pemerintah, Perpajakan SMKN 1 & SMK Kosgoro 2 Payakumbuh

  • Armiati Armiati Univesitas Negeri Padang
  • Dessi Susanti Universitas Negeri Padang
  • Rose Rahmidani Universitas Negeri Padang
Keywords: Kata Kunci: Laporan Rekonsiliasi Fiskal, laporan keuangan desa

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan hardskill guru-guru Akuntansi SMKN 1 dan SMK Kosgoro 2 Payakumbuh dalam hal: 1) Menyiapkan laporan keuangan yang disusun sesuai dengan rekonsiliasi fiskal untuk wajib pajak pribadi dan badan yang merupakan kompetensi dasar bagi keahlian akuntansi yang tertuang di dalam silabus mata pelajaran administrasi pajak SMK keahlian Akuntansi, 2) Menyiapkan laporan keuangan untuk akuntansi keuangan desa yang merupakan kompetensi dasar bagi keahlian akuntansi yang tertuang di dalam silabus mata pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Pemerintah. Metode pendekatan yang digunakan adalah: Untuk pelatihan dan workshop menyiapkan laporan keuangan yang disusun sesuai dengan rekonsiliasi fiskal untuk wajib pajak pribadi dan badan serta untuk pelatihan dan workshop menyiapkan laporan keuangan untuk akuntansi keuangan desa menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, demonstrasi, pemberian tugas dan tutorial.  Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah: 1) Dihasilkannya laporan keuangan yang disusun sesuai dengan rekonsiliasi fiskal untuk wajib pajak pribadi dan badan oleh 85% guru-guru keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 dan SMK Kosgoro 2 Kota Payakumbuah sesuai dengan kasus latihan yang diberikan. 2) Dihasilkannya laporan keuangan untuk akuntansi keuangan desa oleh 85% guru-guru keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 dan SMK Kosgoro 2 Kota Payakumbuah sesuai dengan kasus latihan yang diberikan.

 

Published
2019-12-20

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.