Penguatan Civic Disposition (watak kewarganegaraan) bagi Guru di Tingkat Sekolah Dasar dalam Mempersiapkan Generasi Muda di Era Revolusi Industri 4.0.
Abstract
Salah satu tujuan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill). Berangkat dari hal tersebut, permasalahan mitra yang terjadi bahwasanya pendidikan masih terpusat pada proses transfer knowledge, dan belum memaksimalkan pembelajaran sikap peserta didik. Lebih khususnya permasalahan dari mitra adalah kurangnya pengetahuan dan pemahaman guru sekolah dasar terhadap perkembangan pendidikan dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 dan belum terampilnya guru sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran yang bermuara kepada civic disposition peserta didik. Sekolah Dasar merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memegang peran penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional dalam membentuk generasi cerdas dan berkarakter, lebih khususnya lagi sekolah dasar membantu dalam mencapai misi dari pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar dalam membentuk sumber daya manusia yang berkarakter. Metode pelaksanaan terdiri dari ceramah, diskusi, tanya jawab, workshop serta simulasi (peer teaching) sehingga terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran nilai yang bermuara kepada civic disposition peserta didik.